Wisata Kuliner Food & Restaurant Rujak Cingur Joko Dolog

Salah satu kuliner khas Jawa Timur, khususnya kota Surabaya ialah Rujak Cingur. Sebenarnya gimana sih bentuknya rujak cingur itu?? Atau ter...

Salah satu kuliner khas Jawa Timur, khususnya kota Surabaya ialah Rujak Cingur. Sebenarnya gimana sih bentuknya rujak cingur itu?? Atau terlebih dulu, pertanyaan yang lebih sempurna ialah cingur itu apa?? Bedanya rujak cingur sama rujak manis apa??

Di Surabaya ada beberapa penjual rujak cingur enak, salah satunya ialah Rujak Cingur Joko Dolog ex. Lapangan Tenis Embong Sawo. Awalnya penjual ini berjualan di Embong Sawo, tapi kemudian pindah ke sekitaran Taman Apsari bersahabat Patung Joko Dolog (bersebelahan dengan stand Bakso Djalil / Nasi Goreng Pak Kumis jikalau malam hari).


Cingur itu dalam bahasa Jawa artinya mulut. Cingurnya cingur sapi, berarti yang dimaksud ialah ekspresi atau moncong sapi. Wkwk eittt jangan bayangin yang enggak-enggak dulu ntar malah ga kolu alias ga nafsu makan. Cingur sapi dipotong-potong kemudian direbus hingga empuk jadi ga bakal anyir apapun.

Rujak cingur ini isiannya ada lontong, tahu dan tempe goreng, mi kuning, krai, kangkung, kecambah atau tauge, kacang panjang, dan tentunya cingur. Bahan-bahan yang aku sebutkan sebelumnya disebut juga rujak cingur matengan. Nah ada lagi rujak cingur yang normal (pakai ingredients yang lebih lengkap), isiannya ditambah lagi sama buah-buahan menyerupai nanas, bengkoang, pencit atau mangga muda, bengkuang dan timun.


Tempatnya kecil dan sempit. Hanya ada dua meja tersedia di sana. Tapi jikalau lagi waktunya makan siang tetep rame bingits. Yang jual ibu-ibu elok dan ramah.


Yang istimewa jikalau ngasih bumbu petis tuh buanyak banget. Kalau isiannya udah habis, kadang bumbunya masih sisa banyak jadi dapat dicocolin kerupuk putih keriting ituuu. Hehehe


Cingurnya dikasih banyaaak, empuuuuk kadang masih kriuk-kriuk tulang muda gitu. Bumbu petisnya juga enak, dapat request minta cabai berapapun dikasih wkwk. Harga seporsinya Rp 17.000,00. 

Related

surabaya food 6306718296824719963

Hot in week

Recent

Comments

item