Wisata Kuliner Food & Restaurant Bale Raos Resto Yogyakarta

Konsep restoran ini unik. Baik dari segi sajian maupun dari tempat. Terletak di Jl. Magangan Kulon No. 1 Yogyakarta, restoran ini masih ter...

Konsep restoran ini unik. Baik dari segi sajian maupun dari tempat. Terletak di Jl. Magangan Kulon No. 1 Yogyakarta, restoran ini masih terletak di area Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bale Raos
Ketika masuk ke restoran ini, Anda akan melewati sebuah gapura khas Keraton berwarna coklat muda yang diatasnya bertuliskan Bale Raos Sarinah. Kemudian, Anda akan melewati sebuah kandang burung yang terletak di kiri dan kanan jalan.

Agak masuk lagi ke dalam. Ada 2 pendopo besar yang dapat Anda pilih. Di pendopo inilah terletak beberapa meja dingklik yang tertata cantik. Yaa, Bale Raos yakni fine dining resto. Ala-ala aristokrat Keraton gitu deh. 


Yang melayani, para perempuan dan laki-laki dengan baju-baju Jawa (sewekan dan kebaya untuk wanita). Menu yang ditawarkan oleh Bale Raos yakni masakan & minuman kegemaran keluarga Sri Sultan Hamengkubuwono.

Di bawah setiap nama menu, akan dijelaskan secara singkat wacana sajian tersebut dan diberitahukan juga siapa yang menggemari sajian itu.

Menu 1
Menu 2
Menu 3
Menu 4
Menu 5
Menu 6
Menu 7
Menu 8
Menu 9
Menu 10
Menu 11
Menu 12
Menu 13
Jadi setiap pengunjung yang datang, niscaya usang deh baca buku sajian itu. Lha wong nama menunya aneh-aneh, hanya beberapa yang pernah aku dengar. Sedangkan yang lainnya, harus baca penjelasannya dulu gres mudeng.

Setengah jam baca buku menu, aku dan keluarga tetapkan untuk memesan menu-menu berikut : trancam, orak-arik buncis udang, urip-urip gulung, gurame acar, baceman, bergedel jagung, prawan kenes dan hot tea pot.

Harga masakan dan minuman di Bale Raos ini menengah ke atas. Cenderung lebih banyak sajian yang "ke atas" heheee jadi siapkan kocek yang tidak mengecewakan banyak ya kalau mau kesini.

Tidak menunggu begitu lama. Satu per satu masakan yang aku pesan datang. Yuk dilihat penampakannya dulu. Penyajiannya cantik-cantik nih, aku jadi berasa makan masakannya Master Chef gitu hehehe lebay.

Urip-Urip Gulung
Orak-Arik Buncis Udang
Bergedel Jagung
Trancam
Baceman
Gurami Acar
Prawan Kenes
Dari semua masakan yang aku pesan. Menurut aku yang kurang maknyus itu si urip-urip gulung sama gurami acar.

Urip-urip gulung itu ikan lele fillet yang dimasak dengan bumbu kuning. Sayangnya di fillet lelenya tidak terasa bumbunya dan juga digoreng terlalu kering jadi agak sedikit keras gitu dagingnya.

Interior Bale Raos
Kalau gurami acarnya sih aku merasa anehnya sebab kuah acarnya itu ngga cair ibarat yang aku bayangkan. Biasanya si mbak kalo masak gurami acar di rumah itu ya gurami yang berenang di kuah acar warna kuning dengan belahan wortel dan timun bentuk korek api. Gurami acar Bale Raos yang ini beda. Makara fillet gurami itu ya digoreng tepung, terus disajikan dengan "semacam mayonaise". Teksturnya ibarat mayonaise, tapi rasanya bukan rasa mayonaise. Rasanya ibarat kuah acar yang di teksturkan ibarat mayonaise zzz -_-

Selebihnya sih uenak-uenak. Apalagi bergedel jagung sama orak-arik buncis udangnya! Favorit deh. Bergedel jagungnya tuh ya pas kita makan, kita bakal ngerasain sensasi krenyes-krenyes dari pipilan jagung muda yang banyak keselip di dalamnya. Trancamnya juga enak. Segeeeer gitu.

Nah prawan kenes ini hidangan penutupnya. Gara-gara banyak goresan pena artis-artis yang memfavoritkan perawan kenes, jadilah aku menyusul pesan itu. Dan ternyataaa yummy sodara-sodara. Rasanya unik banget.


Gampangnya ya prawan kenes itu, pisang yang dibakar kemudian diberi santan kental. Sesimple itu, tapi percayalah. Saya orangnya pilih-pilih kalau makan pisang. Tapi olahan pisang yang satu ini bikin ketagihan! Anda harus memesannya jikalau berkunjung kesini.

Wall of Testimonial

Related

Yogyakarta 1279171665948285748

Hot in week

Recent

Comments

item