50 Kawasan Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah penghasil tambang, di provinsi ini kaya akan hasil tambang berupa Emas, Tembaga, Nikel, Batu Gamping dan masih banyak lagi lainnya. Kawasannya mempunyai banyak wisata pegunungan, alam bahkan pantai  yang indah dan bisa di manfaatkan sebagai tempat wisata andalan Provinsi Sumatera Barat.

Tidak perlu berlibur di luar negeri untuk mencari tempat wisata yang eksotik di Indonesia masih banyak tempat-tempat wisata yang tak kalah indahnya.  Malah bisa jadi Tempat wisata Di Negara tercinta ini lebih eksotik dan menarik dari pada tempat-tempat wisata di luar negeri. Sayangnya masih banyak mitra kita yang belum mengetahui keindahan alam dan potensi lainnya yang di miliki Negara Indonesia tercinta ini.

Untuk kawan-kawanku yang ingin berlibur atupun ingin mengetahui tempat-tempat wisata di Sumatera Barat, berikut ada sedikit rangkuman tempat wisata di Sumatara Barat yang mungkin bisa memberi isu dan pengetahuan bagi Anda semua. Oke eksklusif saja kita bahas satu persatu … !

50 Kawasan Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

1. Pulau Cubadak

tempat wisata yang eksotik di Indonesia

Pulau cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mempunyai keindahan alam yang luar biasa dengan pantai berpasir putih nan bersih. Ikon di pulau manis ini ialah adanya teluk, kerikil karang dan tanjung. Sejauh mata memandang akan terlihat paronama laut yang biru dan pulau-pulau menghijau membuat penikmatnya sangat kerasan.

Kegiatan liburan yang bisa dilakukan oleh wisatawan manapun yaitu hiking ( berlayar ), snokerling bahkan bermain canoe. Keindahan dan keseruan akan semakin terasa, cobalah naik ke atas bukit pemandangan Pulau Cubadak akan terlihat utuh . Penginapannya berdeda dengan yang lainnya, disini tersedia penginapan berbahan alami yang di kelola secara professional oleh investor Itali.

Para wisatawan yang berlibur di Pulau Cubadak niscaya puas, lantaran fasilitasnya lengkap dan yang paling utama keindahan yang dimilikinya dari perairan hingga daratan sangat memukau. Sebutan lain dari pantai yang elok nan surga di Pulau Cubadak yakni The Paradise of The South dengan luasnya sekitar 710 ha dan lebih di kenal dengan sebutan Pantai Pincuran Talu.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

2.  Pulau Sikuai


Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang letaknya ada di sebelah barat Pulau Sumatera. Nah, pulau ini juga menjadi tujuan favorit wisatawan lantaran mempunyai alam bawah laut yang berisikan aneka macam jenis terumbu karang dan ikas hias. Luas Pulau Sikuai sekitar 44,4 ha dengan iklim tropis sepanjang tahun dengan pantainya berpasir putih dan masih mempunyai hutan tropis yang sangat alami.

Pantainya berombak sedang sehingga para travelers yang berkehendak bermain air ataupun snokerling sangat kondusif dan nyaman sekali. Keindahan sunset bisa Anda lihat di tepi pantai, jikalau menginginkan keindahan yang lebih sanggup melihatnya dari puncak pulau. Untuk menuju ke puncak pulau, telah di sediakan anak tangga dengan jarak tempuhnya selama 45 hingga satu jam.

Pihak pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta, untuk memfasilitasi Pulau Sikuai dengan hotel resort bintang tiga. Hotel disini menyediakan 54 buah cottage, restoran, kolam renang, dan ruangan rapat. Meskipun harga sewanya tidak mengecewakan mahal, tetapi pengunjung masih bisa menikmati keindahan pantai dengan mengitari pulau, menjelajahi hutan, panjat tebing maupun wisata bahari.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

3. Pulau Pasumpahan

tempat wisata yang eksotik di Indonesia

Suatu keindahan alam yang sangat unik, denga luas 5 ha Pulau Pasumpahan ini mempunyai hamparam pasir putih dengan air laut yang jernih. Keunikannya berada pada permukaan laut yang terbagi tiga yakni air jernih di pinggir, air berwarna hijau di depannya dan warna biru berada di tegah laut. Pemandangan di pulau kecil ini sangat indah sekali maka tidak heran jikalau banyak wisataan lokal maupun gila yang berlibur di sini.

Pulau Pasumpahan berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk bisa hingga ke lokasi biasanya para pengunjung memakai jasa transportasi bahtera kayu atau speed boat dari Sungai Pisang. Ketika berada di pulau, sejauh mata memandang akan takjub dengan pesona alam yang di sajikan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

4. Kepulauan Mentawai


Kabupaten Mentawai merupakan destinasi wisata yang sudah Internasional, pantainya yakni tempat favorit bagi pecinta selancar. Secara geografis tempat wisata ini terletak di Samudera Hindia yang membuatnya mempunyai ombak lumaya ekstrim dan sangat di buru oleh peselancar dari aneka macam belahan dunia.

Kepulauan Mentawai sudah terkenal menjadi salah satu tempat berprtualang, wisata bahari, wisata budaya dan yang utama wisata surfing. Kepulauan ini merupakan rankaian pulau non-vulkanik dimana deretan kepulauannya kepingan dari satu punggung pegunungan bawah laut. Tercatat terdapat empat pulau yang membentuk Kepulauan mentawai yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora , Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

5. Pantai Padang


Berikut yakni pantai yang sangt gampang di jangkau dan wajib travelers kunjungi lantaran letaknya persisi di pinggir jalan raya, tepatnya berada di tepi jalan sentra kota. Sebagian besar penduduk Kota Padang menyebut pantai ini sebagai Tapi Lauik ( TAPLAU ). Pantai dengan memilki obak yang cukup besar lengan berkuasa tak hayal jikalau Pantai Padang di gunakan untuk olahraga selancar.

Meskipun letaknya di tengah-tengah kota, Pantai Padang juga mempunyai paronama alam yang mempesona apalagi di waktu senja tiba keindahan sunset matahari terbenam akan menghipnotis mata. Di tempat wisata tersebut sangat cocok untuk melepas lelah dan aneka macam aneka jajanan bisa di nikmati mirip masakan laut, jagung bakar dan bermacam minuman menyegarkan.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

6. Pantai Gondoriah


Gondoriah yakni sebuah tempat wisata pantai yang terletak sekitar 100 meter dari sentra Kota Pariaman , Sumatera Barat. Setiap tahunnya pada tanggal 10 Muharram rutin dilaksanakan upacara pembuangan Tabuik ketika matari terbenam. Akses menuju ke pantai bisa memakai kereta api dari Kota Padang, dengan ongkos yang sangat murah sekali yakni Rp 3.500.

Travelers bisa leluasa menikmati garis pantainya memakai kendaraan roda dua / empat, maupun hanya berjalan kaki. Sebab kawasannya didukung sarana dan prasarana yang lengkap termasuk akomodasi jalanan penghubung Pantai Gondoriah dengan beberapa tempat wisata pantai di sekitarnya.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

7. Pantai Carocok Painan


Saat paling indah di Pantai Carocok Painan yakni ketika sang surya terbenam, paronama jingga yang memantul di atas Samdera Indonesia sangat wah dan moment yang harus di abadikan. Berbagai kegiatan yang bisa di lakukan para pengunjung di sini antara lain bermain air, berenang, snokerling, dan memancing bagi Mereka yang berminat.

Selain itu aneka macam pemainan yang seru mirip halnya jetski, ekstrim game, flying fox, banana boat dan masi banyak lainnya. Biaya masuk hanya sebesar Rp 2.000-3.000 / orang, wisatawan sudah bisa menikmati segala keindahan alam yang tersaji di Pantai Carocok. Kelengkapan berlibur semakin terasa lantaran adanya bermacam cindera mata dan kuliner khas padang dengan harga yang terjangkau.

Pantai Carocok Painan berada di Kabupaten Pesisir Selatan, untuk menuju lokasi dari Kota Padang ke obyek wisata kira-kira membutuhan waktu  sekitar 2,5 jam. Fasilitas; mushola, toilet umum, dll.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

8. Pantai Aie Manih / Air Manis


Pantai Air Manis sangatlah favorit di kunjungi wisatawan, lantaran di kawasannya mempunyai gelombang ombak kecil dan paronama Gunung Padang. Letaknya berada 15 km dari sentra Kota Padang, pantai ini terkenal luas dan landai. Ketika surut para travelers bisa berjalan menuju ke Pulau Pisang Ketek yang jaraknya -+200 meter dari bibir Pantai Air Manis.

Di tepi pantai terdapat kerikil Malin Kundang dan beberapa perlengkapan Kapalnya, usut punya usut Malin Kundang di Kutuk menjadi Batu oleh ibunya di Pantai Air Manis ini. Wisata kulinernya ialah ikan bakar, nasi kapau. Bermacam souvenir kerajinan berbahan karang  juga bisa Anda bawa untuk buah tangan di kios bersahabat pantai.

Dari bandara Internasional Minangkabau sanggup di kanal memakai transportasi umum menuju ke Plaza Sentral Pasar Raya. Nah, dari sentra kota kemudian naik angkot umum dengan jurusan Bungus dan jangan lupa minta turun di Pantai Air Manis.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

9. Pantai Caroline


Pantai Caroline merupakan surga bagi peminat olahraga surving, yang dimana keadaan ombaknya sangat menantang untuk di taklukkan. Selain itu masih banyak kegiatan yang menyenangkan bisa Anda lakukan mirip halnya memancing, sepak bola, berenang, dan snokerling. Oh iya di tempat Pantai Caroline juga menyimpan aneka macam terumbu karang dan ikan hias yang eksotis.

Kondisi pasir pantainya berwarna putih higienis dengan di lengkapi pohon kelapa yang tubuh subur di tepinya. Kepopuleran pantai ini di imbangi dengan sarana aneka macam penginapan dengan harga yang terangkau serta aneka kuliner laut khas Sumatera Barat. Di jalur transportasinya juga gampang di dapatkan, pastikan pengunjung membawa uang cash lantaran belum adanya mesin ATM.

Letak Pantai Caroline di sebelah selatan Kota Padang, Sumatera Barat yakni di Teluk Bungus yang berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Dari banyaknya pantai yang ada di sepanjang Pantai Padang, Pantai Caroline ini masuk dalam kiteria pantai dengan mempunyai potensi laut yang masih terjaga dan terawat.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

10. Pantai Nirwana


Kata surga bermakna surga, lantaran keindahan yang di miliki oleh pantai tersebut sangat menajubkan bah surga. Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera yang berjarak 14 km dari Kota Padang. Sepanjang pesisir pantai di tumbuhi pohon kelapa yang membuat semakin indah, khususnya pada waktu air pantainya surut maka kerikil karang dan koral yang bertebaran menjadi incaran kamera para fotografer.

Pada bulan Juni-Agustus keindahan matahari terlihat jelas, indahnya sunset yang berpadu bahtera nelayan membuat kesan yang tak terlupakan. Di ketika senja, Pantai Nirwana berhiaskan lampu bangunan pelabuhan Teluk Bayur yang terlihat indah dan membuat suasana yang romantis.  Menuju ke Pantai Nirwana sanggup dijangkau dengan transportasi umum dari sentra Kota Padang.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

11. Pulau Emas


Mendengan namanya saja orang-orang niscaya bertanya-tanya dan penasaran. Kali ini Pulau Emas yakni sebuah nama pantai dan tempat wisata penginapan belaka yang bernamakan Suwarnadwipa beach & Resort. Pualau ini mempunyai perairan yang cukup tenang sehingga menbuat kenyamanan lebih bagi siapapun.

Suwarnadwipa sendiri merupakan julukan dari pulau Sumatera yang berasal dari bahasa Sansekerta berarti Pulau Emas, Suwarnabhumi atau tanah yang bersinar. Di kawasannya menyediakan penginapan yang nyaman berkonsepkan kesegaran alam. Dengan keadaan alamnya yang masih alami, perairan Pulau Emas merupakan lokasi transplantasi terumbu karang serta dukungan tumbuhan dan fauna bawah laut.

Aha, di ketika snokerling Anda sanggup menjupai bintang laut dan aneka macam biota laut yang unik salah satunya ikan hias nan lucu berjulukan ikan nemo. Alat transportasi yang di gunakan oleh wisatawan untuk menuju ke Pulau Emas biasanya Speed Boat yang bisa di dapatkan di Pantai Bungus Padang.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

12. Pulau Pemutusan


Liburan ke tempat wisata pulau Pemutusan sanggup di jadikan salah satu destinasi berlibur bersama keluarga. Sebab tempat ini memperlihatkan wisata yang lengkap baik dari pegunungan, alam dan lautan. Pulau Pemutusan mirip sepotong surga yang tersembunyi di tengah Samudera Hindia yang belum banyak di jamah oleh pengunjung.

Dimana pulau ini cocok bagi penggemar foto, lantaran banyaknya spot-spot yang bertemakan hamparan pemandangan alam nan asri dan indah. Tidak cuma itu saja, biota laut dan terumbu karangnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Ketika ingin beristirahat, terdapat sebuah cottage yang bisa di singgahi dan bersantai sambil menikmati keindahan di depannya.

Pulau yang menajubkan ini mempunyai pasir putih, pohon keapa khas pantai, air laut jernih dan ada juga hutan mangrove serta perbukitan yang hijau sungguh suatu paket liburan yang lengkap. Bagi travelers yang ingin berlibur di tempat yang sunyi maka pulau ini bisa jadi tempat yang pas, Anda akan mencicipi sensasi berlibur di pulau pribadi lantaran tempanya tidak terlalu ramai.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Aceh Yang Memukau

13. Danau Maninjau


Keberadaan Danau Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Disini menikmati keindahan danau yang jernih sambil menikmati cemilan khas Maninjau yakni Rinuak bersama keluarga yakni suatu moment yang sangat di dambakan. Danau Maninjau merupakan danau berjenis vulkanik yang bertempat di ketinggian 461,50 meter dpl.

Terbentuknya danau ini tanggapan letusan besar gunung api yang menghamburkan sekitar 230-250 km3  material pirokastik. Danau Maninjau ialah sumber air dari pada sungai Batang Sri Antokan, yang mana di salah satu kepingan danau terdapat PLTA Maninjau. Secara keseluruhan keindahan danau ini bisa dilihat dari Puncak Lawang.

Untuk bisa mencapai ke Puncak Lawang dari arah Bukit Tinggi yakni melewati jalan berliku yang dikenal dengan nama kelok 44 yang jauhnya sekitar 10 km dari Ambun.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

14. Danau Kembar


Danau Kembar merupakan sebutan dari dua buah danau berdekatan. Danau Kembar berada di Kecamatan Lambang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti , Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dari sentra Kota Padang berjarak 60 km atau berjarak 50 km dari sentra Kota Solok. Jarak antara kedua danau sekitar 300 meter, kedua danau tersebut sebetulnya memilki nama yang berbeda.

Nama Danau Kembar yakni Danau Diateh dan Danau Dibawah, walaupun di sebut danau kembar tetapi bentuk dan uasnya sangat berbeda. Di bersahabat danau ada beberapa rumah makan dan penginapan, bahkan di tempat Danau Diateh tersedia ruangan pertemuan serta beberapa permainan anak. Yang terunik dari tempat wisata ini ialah danau yang berada di atas berjulukan Danau Dibawah.

Jalur kanal menuju ke lokasi sangat gampang bisa meggunakan transportasi umum maupun kenaraan pribadi. Biaya tiket masuk ke tempat Danau Kembar sangat  terjangkau hanya Rp 2.000 / orang sampaumur dan Rp 1.500 /  untuk anak-anak.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

15. Danau Singkarak


Danau Singkarak membentang di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Danau yang luasnya 107,8 km² adalah danau terluas ke-2 sesudah Danau Toba. Banyak manfaat yang di hasilkan Danau Singkarak, salah satunya yakni pembangkit tenanga listrik. Air danau ini merupakan hulu dari Batang Ombolin.

Terbentuknya Danau Singkarak yakni hasil dari proses tektonik dan danau ini merupakan kepingan dari Cekungan Singkarak-Solok yang termasuk di antara segmen dari Sesar sumatera. Cekungan ini terbentuk dari amblesan tanggapan kegiatan pergerakan Sesar Sumatera. Saking dalamnya, bahkan tidak banyak jenis ikan yang bisa bertahan hidup di danau Singkarak ini.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

16. Air Terjun Lembah Anai


Lokasinya yang berada di di sisi jalan, membuat tempat wisata ini ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Keindahan alam yang di miliki obyek wisata Air Terjun Lembah Anai yakni gambaran alam yang masih sangat asri. Sumber air yang di curahkan berasal dari Gunung Singkalang, dengan air yang sangat jernih membuat siapapun betah berlama-lama menikmati kesegaran suasananya.

Jalan menuju lokasi dari Kota Padag ataupun Kota Bukit Tinggi akan melewati jalan yang cukup berkelok-kelok dan di lengkapi dengan pemandangan indah. Lokasi Air Terjun Lembah Anai tepatnya berada di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

17. Air Terjun Nyarai


Lokasinya berada di Hutan Gamaran , Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Ketinggian gerojokan ini kira-kira 7-8 meter, hal yang menarik dan menjadi ikonnya yakni kolam besar dengan airnya berwarna kehijauan yang merupakan rumah bagi ikan-ikan.

Kolam ini diapit oleh kerikil besar berbentuk mirip pintu, di tempat inilah lokasi untuk berenang sepuasnya sambil menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pepohonan. Keindah tepat yang dimiliki gerojokan ini lantaran keberadaannya di dalam hutan, sehingga untuk mencapainya harus berjalan kaki. Selama perjalanan sejauh mata memndang akan di suguhi bermacam pemandangan alam yang asri dan alami.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

18.  Air Terjun Timbulun


Keindahan yang tersembunyi telah di miliki Air Terjun Timbulun, keindahannya terletak dimana air terjunnya terdiri dari 7 tingkatan yang kesemuannya mempunyai bentuk dan lubuk yang berbeda. Hulu dari pada gerojokan ini berasal dari areal Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara di Samudera Indonesia atau di Teluk Painan.

Jalan menuju Air Terjun Timbulun cukup gampang berupa jalan yang di cor, dari sentra Kota Painan berjarak kurang lebih 3 km dan 79 km dari Kota Padang. Setelah itu berjalan kaki menelusuri Sungai Batang Timbulun sejauh 500 meter dari pos penjagaan masuk. Tempatnya berada di Kampung Painan Timur, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

19. Air Terjun Belek


Tempat liburan Air Terjun Belek terbilang masih sangat asri dan alami, untuk mencapainya saja Kalian harus menempuh perjalanan selama 2,5-3 jam melewati pepohonan rindang di Hutan Gamaran. Letaknya memang di tengah-tengah hutan di Desa Gamaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Bagi travelers yang doyan akan wisata alam dengan medan yang menantang, maka Air Terjun Belek yang mempunyai ketinggian 15 meter ini yakni pilihan yang sangat tepat.

Selama perjalanan akan melewati jembatan darurat dari kayu, kayunya dibentuk renggang guna memudahkan para pejalan kaki untuk melangkah. Uniknya di dasar Air Terjun Belek terdapat bebatuan yang bisa dipakai untuk duduk dan ada juga kolam. Di depan gerojokan ada dataran luas sepanjang 20 meter, lantaran permukaannya yang licin biasanya lokasi ini dipakai untuk area mainan berseluncur.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

20. Air Terjun Talago


Air Terjun Talago masih satu lokasi dengan Air Terjun Nyarai Dan Belek yakni berada di Kawasan Hutan Gamaran. Air terjun ini lebih mempesona, lebih hijau dan lebih anggun dengan lubuk yang luas, berjarak sekitar 7 jam perjalanan dari Air Terjun Nyarai. Untuk menuju ke lokasinya memang membutuhkan ketahanan fisik dan medan belukar, namun semua akan terbayar dengan keindahannya.

Di kawasannya sangat asik untuk mandi dan bermain air lantaran airnya yang dingin, membuat kesegaran bagi siapa saja yang berada di sini. Anda perlu membawa persiapan dari rumah mirip materi kosumsi, obat-obatan, dan perlengkapan lainnya mengingat tempat wisata yang satu ini jauh dari perkampungan serta berada di tengah-tengah hutan.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

21. Air Terjun Babang


Keindahan Air Terjun Babang sungguh eksotik yang mempunyai 3 tingkatan. Tikat pertama dengan lubuk yang dangkal, biasanya disini tempat bawah umur bermain ria. Tingkat kedua mempunyai lubuk yang agak dalam dengan ketiinggian gerojokan mencapai 20 meter, dan lokasi tingkatan ketiga bisa di bilang jarang dikunjungi lantaran jaraknya yang tidak mengecewakan jauh hanya penduduk setempat yang mungkin pernah ke tempat itu. 

Anda akan melalui tepian sungai selama 1 jam perjalanan berjalan kaki dengan kondisi jalanan berupa sisa-sisa pengaspalan tahun 80-an. Lokasi Air Terjun Babang berada di Dusun Surantiah, Koto Buruak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

 22. Air Terjun Tigo Tingkek


Air terjun Tigo Tingkek ialah obyek wisata alam yang berlokasi dikaki Bukit Barisan yang berketinggian kurang lebih 600 meter dpl. Persis dengan namanya Air Terun Tigo Tingkek mempunyai tiga tingkatan, selain berjulukan Tigo Tingkek kebanyakan masyarakat Cindarir menyebutnya sebagai Lubuk Hitam. Dari sentra Kota Padang berjarak kira-kira 23 km sanggup memakai via angkot berjurusan Padang-Bungus Teluk Kabung.

Tempat ini sangat seru di gunakan untuk liburan yang mempunyai tiga tingkat gerojokan tempat dimana menikmati ciptaanTuhan. Terletak di Desa Koto, Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik


23.  Air Terjun Sarasah Banyak Gariang


Ketinggian Air Terjun Sarasah Banyak Gariang yakni sekitar 40 meter yang terdapat di pedalaman Hutan Bukit Barisan. Karena jaraknya yang relative bersahabat dari Lik Gadut, tempat wisata ini termasuk sering di kunjungi oleh para wisatawan. Usut punya usut nama dari Air Terjun Sarasah Banyak Gariang ialah dahulunya kolam yang berada di bawah gerojokan ini kaya akan ikan Gariang.

Dari LIK Garut berjarak sekitar 2 km sebelah timur Padang atau 17 km sebelah timur Padang yang kesemuanya bisa di kanal memakai kendaraan roda dua maupun beroda empat. Telak tepatnya berada di desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau anis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

 24. Pemandian Air Panas Bukik Kili


Pemandian Air Panas Bukik Kili merupakan suatu tempat wisata yang sangat favorit sekaligus tempat terapi kesehatan. Pemandian yang bersumber air panas ini berasal dari Guung Talang di Kampung Batu Dalam. Kebanyakan para pengunjung yang tiba dari dalam maupun luar negeri ingi menyembuhkan aneka macam macam penyakit kulit, rematik, kra, nyeri sendi, asam urat dan masih banyak lainnya.

Suhu air disini mencapai 42-45 derajat Celsius, jadi harus melaksanakan pemanasan dengan cara menyiram dikit  demi sedikit ke anggota badan. Di tempat wisata ini mempunyai 2 kolam terpisah masing-masing untuk kaum pria dan perempuan, sehingga membuat kenyamanan yang lebih bagi mereka yang risih ke pemandian campuran.

Obyek wisata Pemandian Air Panas Bukik Kili di buka untuk wisatawan selama 24 jam penuh, sehingga tidak usah ragu jikalau tiba pada jam yang tak lazim. Tempat ini selalu ramai baik di hari biasa maupun simpulan pekan dan akan sangat ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk menjangkaunya sanggup naik angkot dari Solok, ataupun dari Kota Padang sekitar 44 km dengan melewati pemandangan alam yang sangat indah.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

25. Pemandian Lubuk Minturun


Pemandian Lubuk Minturun sudah dipakai semenjak jaman pejajahan Belanda di tahun 1883 yang sebetulnya mempunyai dua lokasi wisata yakni Mekah Mini dan Lubuk Minturun. Maka sebelum bulan Ramadhan tiba banyak pengunjung yang tiba melaksanakan tradisi Balimau, tradisi untuk membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tempat pemandian ini memperlihatkan air berendam yang jernih dan sejuk serta mempunyai keindahan alam yang asri. Pemandian Lubuk Minturun berada sekitar 10 km dari sentra Kota Padang, Sumatera Barat yang sanggup di tempuh memakai kendaraan pribadi. Jika memakai angkutan umum pilihlah jurusan Tabing-Lubuk Minturun ke arah batas kota kemudian turun di Simpang Lubuk Minturun.

Dari simpang ini kemudian perjalanan masih berlanjut dengan memakai jasa ojek, sepanjang perjalanan sejauh mata memandang akan di hibur dengan pemandangan bunga dan bibit buah-buahan yang dijual oleh penduduk.  Untuk memasuki tempat wisata Anda harus membayar tiket sebesar Rp 5.000 / orangnya.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

26. Pemandian Tirta Alami


Tempat pemandian umum Tirta Alami mempunyai luas 5 ha yang terdiri 4 kolam pemandian yang di buat berundak. Lokasinya yang berada di ketinggian 600 meter dpl mengakibatkan suasananya yang sejuk khas pegunungan. Kolamnya terbuat dari kerikil yang memang bernuansa alami airnya bersih, tanpa kaporit dan spot pemandiannya di bagi menjadi beberapa kolam sesuai dengan kedalamannya.

Susananya yang sejuk dan tidak perlu memakai sunblok, lantaran tempat pemandiannya terlindung oleh rimbunnya pepohonan. Lokasinya di Malibo Anai, Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 60 km dari padang dengan harga tiket masuk yang relative murah yakni sebesar Rp 3000 / orang.

Sumber air ini berasal dari Gunung Tandikek, Pemandian Tirta Alami juga lebih di kenal dengan nama Anai Resort. Belakangan pengelola wisata menambahkan sejumlah akomodasi Flying Fox, ATV Road dan beberapa temat bermain lainnya.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

27. Pemandian Alam Sako Tapan


Pemberian nama Pemandian Alam Sako Tapan diambil dari tempat lokasinya yaitu berada di Kampung Muaro Sako, Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan. Tempat wisata ini biasanya di gunakan wisatawan untuk melepas lelah sembari menikmati keindahan alam, menghirup udara segar pegunungan dengan ditemani merdunya kicauan burung.

Para traveler yang berkunjung bisa mandi dengan puas dan gratis, suasana alami serta batu-batu besar dan air  yang jernih membuat tempat ini sering dikunjungi. Keasrian dan kealamian Pemandian Alam Sako Tapan membuat lokasi tersebut bebas dari polusi dan sampah. Di kawasannya pengunjung bisa menikmati aneka jajanan , yang mana tempatnya di buat lesehan oleh pedagangnya.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan


28. Pemandian Lubuak Bonta




Keindahan paronama alam disini terasa semakin lengkap dengan adanya gerojokan mini. Air yang berada di pemandian tersebut bersumber dari mata air Gunung Tandikek yang terdiri dari dua kolam renang. Salah satu dari kedua kolam ini berada di atas yang berkelebihan airnya jernih dan penuh dengan ikan-ikan.

Di kolam kepingan atas airnya tidak terlalu dalam sehingga para pengunjung cenderung banyak bermain di kolam ini. para pengunjung di kolam atas tersebut juga sanggup menikmati sumber air berukuran besar dan bergelombang yang muncul dari permukaan tanah.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

29. Pemandian Lubuak Mato Kuciang


Pemandian Lubuk Mato Kuciang yakni salah satu dari sekian banyaknya tempat wisata di Sumatera Barat yang masih ramai dikunjungi wisatawan. Kolam pemandian yang mempunyai air berwarna biru layaknya mirip mata seekor kucing ini sangatlah sejuk dan jernih. Pastinya pengunjung akan kerasan bermain air atau sekedar menikmati keindahan di sekitar pemandian.

Sumber dari Pemandian Lubuk Mato Kuciang berasal eksklusif dari mata air Gunung Singgalang. Kolam utamanya terletak di atas, pada kepingan tengah dinding tebing yang terjal terdapat kerikil cadas yang di sediakan bagi mereka yang ingin melaksanakan atraksi lompat indah. Lokasinya berada di Kelurahan Pasar Usag, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

30. Tapian Puti


Kolam renang alami yang menjadi tempat wisata favorit pengunjung, Tapian Puti menyuguhkan pemandangan hutan belukar. Tapian Puti merupakan pemandian alam yang airnya mengalir di atas kolam-kolam kerikil dengan bentuk bertingkat. Kolam-kolam kecil inilah tempat untuk berendam maupun mandi, jumlahnya sekitar 7 kolam.

Kolam ini sangat jernih dan bersih, membuat kesegaran di tubuh jikalau berendam di dalamnya. Selagi berendam, pemandangan alam disekitar sanggup dinikmati sambil menghirup udara yang terbebas dari polusi. Selain menjadi tempat wisata, pemandiaan alam Tapian Puti juga di gunakan oleh masyarakat setempat untuk melakuan tradisi Balimau.

Obyek wisata alam ini berada di daerah Korong / Desa Sikabu, Lubuk Alung. Lokasinya sekitar 25 km dari sebelah timur Kota Pariaman, atau sekitar 40 km dari Kota Padang.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

31. Lubuak Paraku


Kawasan wisata Sungai Lubuk Paraku terletak di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Air di sungai ini sangat jernih sekali, hingga dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil bisa terlihat jelas. Untuk hingga ke wisata tersebut, Anda bisa memakai kendaraan pribadi atau bisa juga memakai angkutan umum yang menuju ke Sorok.

Lokasi wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Sorok. Di kawasannya terdapat beberapa akomodasi mulai dari tempat duduk berkanopi payung hingga ruang ganti baju. Berbagai kegiatan berlibur sanggup dilakukan lantaran lokasinya yang cukup luas dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 / orang.

Baca juga; 42 Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

32. Batang Tabik


Kolam renang Batang Tabik terletak di Kanagarian Sungai Kamuyang, Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota. Air di kolam renang Batang Tabik ini bersumber dari mata air alami yakni dari Danau Singkarak. Pemandian Batang Tabik merupakan obyek wisata pemandian alam dengan air yang sangt jernih dan sejuk serta kawasannya di kelilingi hamparan sawah dan pemandangan alam yang indah.

Selain sebagai tempat pemandian dan rekreasi yang selalu ramai, airnya juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber air oleh PDAM Kota Payakumbuh untuk konsumsi masyarakat. Berbagai akomodasi yang sudah dimilikinya di antaranya toilet, musholla, ruang ganti pakaian daan warung-warung penjual aneka kuliner dan minuman konsumsi.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik 

33. Sitinjau Lauik


Sininjau Lauik atau bisa di sebut dengan Padang Scenic Point yakni tempat wisata dimana untuk menikmati pemandangan luas dan hijau dengan latar belakang Samudera Hindia di ketinggian 1000 meter dpl. Temat wisata ini mempunyai udara yang sejuk khas pegunungan yang bebas polusi, sejauh mata memandang akan melihat keindahan yang tak ada duanya di Kota Padang.

Pada malam hari keindahan disini bah surga berhiaskan lampu-lampu yang berpijar di sentra kota mengakibatkan suasana yang sangat romantis. Di tempat itu terdapat dua pos pengamatan, pos 1 lokainya tidak terlalu tinggi sehingga pandangan masih terhalang oleh perbukitan. Pos 2 yang di tandai adanya gazebo dengan desain khas rumah watak Minang, di pos 2 inilah yang di sebut sebagai Padang Scenic Point lantaran tempat ini akan memanjakan mata Kita dengan pemandangan hijaunya perbukitan, Kota Padang serta birunya laut.

34. Janjang Seribu


Memang tidak ada habisnya membahas tempat wisata di Sumatera Barat, nah tempat wisata yang satu ini mempunyai anak tangga sebanyak seribu.  Tangga ini di buat untuk menyusuri tebing menuju kebawah lembah Ngarai Sianok. Dahulu Janjang Seribu di manfaatkan oleh penduduk sekitar untuk jalan mengambil air, namun kini sudah jarang dilakukan lantaran penduduk desa sudah memakai angkutan umum.

Kini Janjang Seribu menjadi salah satu obyek wisata untuk penghobi petualangan dengan menghadirkan wahana tracking. Keindahan alam di sekitar tegaknya Gunung Merapi dan gunung Singkalang yang tampak mempesona dari kejauhan. Hal tersebut akan menjadi obat pelepas lelah dengan di lengkapi kesegaran dan keasrian alam yang cantik.

35. Lobang Jepang


Lobang jepang ialah obyek wisata bersejarah yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Lobang Jepang dulunya merupakan sebuah trowongan pertahanan yang di bangun secara paksa oleh penjajahan Jepang pada tahun 1942. Panjangnya mencapai 1400 meter dan lebar 2 meter dengan rute yang berkelok-kelok.

Di sepanjang trowongannya terdapat ruangan khusus di antaranya yakni ruang penyergapan, ruang pengintaian, ruang penjara dan gudang senjata. Lokasinya yang strategis, dahulunya merupakan sentra pusat pemerintahan sumatera Tengah. Bahan untuk membuat dinding ialah tanah berjenis yang jikalau bercampur air akan semakin kokoh, bahkan gempa yang mengguncang daerah Sumatera Barat pada tahun 2009 silam tidak banyak merusak bangunan trowongan ini.

36. Jam Gadang


Kata Jam Gadang dalam bahasa Minangkabau mempuyai makna Jam Besar atau Jam Raksasa. Jam Gadang merupakan nama sebuah menara yang terletak di sentra Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara ini mempunyai jam berukuran besar di empat sisinya, selain sebagai sentra penanda Kota Bukittinggi tempat ini menjadi sebagai obyek wisata berhiaskan taman di sekitarnya.

Keunikan angka 4 dalam penulisan di Jam Gadang ini yakni IIII, seharusnya angka romawi angka 4 ialah IV. Jam tersebut di datangkan dari Rotterdam, Belanda melalui Pelabuhan Teluk Bayur serta digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hannya di buat 2 unit saja di dunia yaitu Jam Gadang dan Big Ben di London, Inggris.

37. Bukit Langkisau


Bukit Langkisau yaitu perbukitan yang berderet memanjang di sisi sebelah utara Kota Painan. Jalan menuju ke Bukit Langkisau melalui jalanan beraspal yang menanjak dan eksklusif hingga ke puncaknya. Kaprikornus untuk menuju puncaknya tidak perlu susah payah berjalan atau menyusuri hutan, cukup memakai kendaran sudah bisa hingga kepuncak Bukit Langkisau.

Dengan kanal yang cukup gampang mengakibatkan bukit ini lebih terbuka untuk semua orang, para wisatawan biasanya melaksanakan kegiatan paralayang ataupun sekedar menikmati paronamanya. Bukit Langkisau sudah di kenal oleh para pecinta olahraga paralayang, pada salah satu sisi puncaknya sudah tersedia tempat khusus.

38. Puncak Lawang


Ketinggian Puncak Lawang berada pada 1210 meter dpl, di ketinggian ini kita bisa leluasa menikmati keindahan paronama di tempat Tanah Maninjau. Dari sini Kita juga sanggup menyaksikan Smudera Hindia di sebelah barat perbukitan Danau Maninjau. Selain itu Puncak Lawang di jadikan lokasi olahraga paralayang dan pernah di gelar Event Internasional.

Pada jaman penjajahan, tempat wisata ini dipakai sebagai tempat peristirahatan aristokrat Belanda. Untuk hingga ke lokasi Puncak Lawang, para wisatawan akan melalui jalur jalan satu-satunya yaitu kelok 44. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia.

39.  Istana Pagaruyung


Obyek wisata yang cukup menarik dan merupakan salah satu icon dari kebudayaan suku Minang. Isata Pagaruyung ketika ini yakni replica, namun tidak mempegaruhi wisatawan tiba untuk mengetahui sejarah kebudayaan Minangkabau. Lokasi dan transportasi letaknya tidak terlalu sulit untuk di jangkau, berjarak 5 km dari Batu Sangkar.

Loakasinya berada di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupate Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk hingga ke lokasi traveler bisa menggunakaan aneka macam macam jenis kendaran mirip kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

40. Lembah Harau


Green Canyon tidak Cuma ada di Amerika US sana, Lembah Harau merupakan Green Canyonnya Indonesia. Lembah Harau di apit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter dan kerikil pasir yang berwarna warni dengan tingginya 100 meter serta panjangnya mencapai 500 meter. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh.

Di tempat wisata ini terbagi menjadi dua tempat wisata yakni Sarasah Bunta, tempat ini mempunyai 5 gerojokan serta kolam penampug air terjun. Yang kedua yakni Akar Berayun, disini terdapat kolam untuk berenang dan tempat berkemah. Lembah Harau sangat berbeda dengan lembah-lembah lainnya lantaran di kawasannya terdapat Lembah echo.

Lembah echo sendiri yakni tempat penghasil gema terbaik dan sempura, jikalau Anda berteriak akan menghasilkan gema tepat sebanyak 7 kali. Usut punya usut tempat yang bisa menghasilkan gema tepat hanya berada di satu tempat yakni di Lembah Echo ini, sungguh fenomena alam yang sangat menajubkan tentunya.

41. Kawasan Wisata Mandeh


Mandeh ini yakni tempat wisata yang berada di Kecamatan Koto IX Tarusan yang berbatasan eksklusif degan Kota Padang. Kawasan Wisata Mandeh meliputi 7 kampung dan 3 Nagari, tempat ini juga disebut sebagai Mandeh Resort yang sudah dikenal nasional maupun internasional. Kawasan Wisata Mandeh kini menjadi destinasi utama sebagai wisata maritim nan cantik.

Lokasi di tempat ini disebut Mandeh Resort lantaran di salah satu Kampung yang berjulukan Kampung Mandeh yang terletak di tengah Teuk Carocok Tarusan. Teluk carocok Tarusan mempunyai pantai yang landai dan tidak berombak, kerena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yakni Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau sironjong Besar dan Kecil, serta Pulau Cubadak.

Tidak berlebihan bila tempat ini di juluki sebagai The Paradise In The South ( Surga Selatan di Bagian selatan Provinsi Sumatera Barat ). Di surga inilah kedamaian bisa anda dapatkan dan penduduk memanfaatkan ketenangan serta kedamaian teluk ini dengan melayarinya, menyelam ataupun berlayar dengan memakai kapal penangkap ikan.

Sedangkan pengunjung yang tiba biasanya memanfaatkan danau laut untuk berenang, menyelam, maupun bersnokerling untuk menikmati keindahan bawah laut yang berisikan bermacam jenis karang dan biota laut nan eksotik.

42. Puncak Anai Resort Golf Course


Puncak Anai jikalau dari Bandara International Minangkabau ( BIM ) hanya berjarak sekitar 40 km menuju ke Kota Bukittinggi dengan waktu selama 1 jam perjalanan. Anani Resort mempunyai luas 400 ha dan di ketinggian 700 meter dpl ini berada dikaki Gunung Tandikat. Karena lokasinya berada di tempat yang tinggi membuat suhu udaranya dingin, tentunya bisa membuat nyaman para Golfer.

Adapula bangunan villa dengan desain bertema keaslian alam sekitar semakin membuat suasana natural bagi penikmat pecinta alam. Selain bermain golf masih ada kegiatan lain yang sanggup Anda lakukan contohnya berenang, flying fox atau menjelajah hutan tropis.

43. Pantai Muaro Binguang


Pemandangan alam yang tersajikan di pantai Muaro Binguang yakni hutan bakau dengan pemandangan pantai yang mempesona. Hutan bakau disini di dominasi oleh pohon bakau ( Rhizophora sp ) dan nipah ( Nypa fructicans ). Kombinasi pohon ini semakain seru dengan adanya monyet ekor panjang, pengunjung bisa berkeliling hutan bakau dengan memakai bahtera sewa milik nelayan.

Setelah puas mengelilingi hutan mangrove, cobalah mengunjungi pantai yang begitu mempesona. Pantai ini berjulukan Muaro Binguang dengan keadaan pantai yang higienis dan berpasir putih, namun kalian harus berhati-hati jikalau ingin berenang. Sebab pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar yang sangat berpotensi jikalau di kembangkan sebagai areal surfing ( Berselancar ).

Pantai Muaro Binguang berada di Kecamatan Kinali, lokasinya cukup terpencil dan jauh dari keramaian. Sepanjang jalan jalurnya melewati perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta dan warga setempat. Sangat amat disarankan mebawa kendaraan lebih dari satu, lantaran mengingat jaraknya yang jauh dan jarang sekali perumahan warga.

44. Jembatan Akar Pesisir Selatan


Jembatan Akar terbuat dari dua akar pohon yang dianyam sedemikian rupa yang tumbuh berseberangan dan membentang di atas sungai Batang Bayang di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Masyarakat setempat menyebut Jembatan akar dengan nama Titian Aka, panjang Jembtan Akar 25 meter dan lebarnya 1,5 meter.

Konon jembatan ini mulai di bangun pada tahun 1890 dan bisa dipakai pada tahun 1916. Dulunya pendesain Jembatan Akar ini yakni seorang Ulama berjulukan Pakih Sokan yang bertujuan untuk menghubungkan dua kampung. Uniknya semakin usang bangunan ini semakin besar lengan berkuasa dan kokoh, sangat berbeda dengan bangunan yang lain memang sangat jenius sekali pendesainnya.

45. Museum Adityawarman


Museum yang di resmikan pada 16 maret 1977 ini yakni museum budaya di Kota Padang, Sumatera Barat. Pengambian nama Adityawarman berasal dari salah seorang Raja Malayapura pada era ke-14 yang sejaman dengan Kerajaan Majapahit. Selain terkenal dengan nama Museum Adityawarman, bangunan ini juga mempunyai julukan Taman Mini ala Sumatera Barat.

Sebaagai museum budaya, museum ini menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah salah satunya yakni Rumah Gagonjong ( Baanjuang ) yang merupakan cagar budaya Minangkabau. Koleksi utamanya di kelompokkan menjadi sepuluh macam koleksi yakni geografika/geologika, etnografika, biologika, historika, arkeologika, numismatika/heraldika, seni rupa, teknalogika, keramologika, dan filologika.

46. Jembatan Sitti Nurbaya


Jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat menghubungkan sentra kota dengan seberang Padang dan kanal menuju Gunung Padang. Pada malam hari di sekitar tempat jembatan akan di penuhi penjual kuliner yang memperlihatkan masakan khas Padang.

Para pedagang menjual sate Padang, soto Padang, pisang Bakar, jagung bakar dan minuman khas sesuai selera. Selain itu Anda sanggup menikmati keindahan lereng Gunung Padang berhiaskan kerlap-kerlip lampu dari pemukiman warga.

47. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau bisa di sebut Kebun Binatang Bukittinggi merupakan sebuah kebun binatang yang letaknya di atas Bukit Cubadak Bungkuak Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia. Tempat wisata margasatwa ini merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan hanya satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai koleksi binatang terlengkap di Pulau Sumatera.

Pada awalnya kebun binatang ini  di bangun oleh pemerintahan Hindia Belanda dengan nama stormpark ( Kebun Bunga) pada tahun 1990-an. Pembangunannya di arsistekturi oleh Gravenzande, Controleur Belanda. Mulanya hanya berupa taman, kemudian pada 3 juli 1929 beberapa koleksi binatang mulai dimasukkan kedalam taman tersebut. sesudah itu tempat tersebut berganti nama menjadi Fort De Kocksche.

Tidak Cuma itu di tahun 1935, pada tempat ini dibangun Rumah Adat Baanjuang ( Rumah Gadang ) yang mempunyai 9 ruangan serta ajungannya berada di kepingan kanan dan kiri. Kemudian terjadi perubahan nama lagi menjadi Taman Puti Bungsu, dan pada tahun 1995 terjadi perubahan nama yaitu Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan.

48. Benteng Fort De Kock


Benteng ini yakni peninggalan Belanda yang berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Pendirinya ialah Kapten Bouer di tahun 1825 yang berfungsi sebagai pertahanan dari serangan Rakyat Minangkabau. Hingga ketika ini Benteng Fort De Kock masih berdidri kokoh bercat putih-hijau setinggi 20 meter dengan dilengkapi meriam kecil disetiap sudutnya.

Kawasan sekitar benteng sudah di kelola oleh pemerintah daerah menjadi sebuah taman yang asri dengan banyak pepohonan rindang dan mainan anak-anak. Tempat wisata ini masih satu lokasi dengan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

49. Museum Bung Hatta


Museum Bung Hatta dulunya yakni rumah dimana Bung Hatta dilahirkan hingga umur 11 tahun. Kemudian Bung Hatta melanjutkan pendidikan menengahnya di Kota Padang ( Meer Uitgebred Lager Onderwijs ). Pada tahun 1960-an rumah ini runtuh, kemudian di bangun kembali atas gagasan Ketua Yayasan Pendidikan Bung Hatta.

Museum ini dibangun mirip bentuk aslinya, sebagian besar perabotan yang ada didalamnya masih orisinil dari peninggalan masa kecil Bung Hatta. Koleksi di Museum Bung Hatta antara lain berupa perabotan yang berafiliasi dengan kehidupan masa kecil Bung Hatta, mirip lemari, tempat tidur, kursi, jam antik, dan masih banyak barang-barang lainnya.

50. Istana Bung Hatta


Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga dulunya yakni gedung bekas kediaman Wapres Indonesia Mohammad Hatta yang berada di sentra Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Bangunan yang masih berdiri hingga ketika ini ialah hasil renovasi yang lantaran pada tahun 1960-an di hancurkan oleh Militer Belanda.

Sebelum kemerdekaan, bangunan ini silih berganti menjadi tempat kedudukan Residen Padangse Bovenlanden dan Asisten Residen Agam.  Serta Selama delapan bulan dari bulan Juni 1947 – Februari 1948 gedung tersebut beralih fungsi sebagai tempat kedudukan Wapres Mohammad Hatta.


Related

Wisata Sejarah 551813698086640009

Hot in week

Recent

Comments

item